Cara Mengatasi Menstruasi Tidak Teratur


Sebetulnya, ada banyak perihal yang mengakibatkan menstruasi kita jadi tidak teratur. Dari mulai pola hidup yang tidak sehat, alkohol, tengah berjalan-jalan keluar kota, atau mengkonsumsi cafein. Oleh karenanya, silakan ikuti beberapa panduan gampang menangani siklus haid yang tidak teratur. 

1. Yoga 

Pergerakan yoga diakui bisa jadi penyembuhan efisien untuk permasalahan menstruasi. Satu riset mempelajari ini pada 126 peserta yang lakukan yoga teratur dengan waktu 35-40 saat 5 hari per minggu. 

Hasil riset itu menunjukkan jika kegiatan rutin itu dapat menyamakan hormon hingga menahan siklus haid amburadul. Oleh karenanya, pergerakan yoga dapat menangani permasalahan menstruasi yang tidak teratur. Diluar itu, yoga dapat kurangi perasaan sakit waktu PMS. 

2. Teratur berolahraga 

Tentunya berolahraga mempunyai banyak faedah untuk kesehatan. Tidak hanya bisa mengawasi berat tubuh, olahraga teratur sebagai penyembuhan dari PCOS (sindrom ovarium polikistik). PCOS salah satu pemicu agenda menstruasi amburadul. Jadi, awalilah teratur olahraga agar menangani menstruasi Anda yang tidak teratur. 

Anda mulai bisa kegiatan rutin ini lewat cara jogging di seputar rumah atau kantor saat 30 menit satu hari. Atau Anda dapat juga coba berolahraga kardio seperti berenang atau bersepeda. 

3. Makan nanas 

Tumbuhan tropis berwarna kuning ini memang jadi satu diantara langkah mengobati permasalahan menstruasi. Nanas memiliki kandungan bromelain, yakni enzim yang bisa melunakkan susunan rahim, hingga siklus menstruasi Anda dapat teratur. Diluar itu, molekul protein dari nanas pun diakui menjadi pereda ngilu. Walau demikian, belum banya riset yang mengulas faedah nanas untuk menangani siklus haid tidak teratur. 

Tetapi, tidak ada kelirunya untuk coba, toh nanas dapat jadi cemilan sehat nan fresh. Awalilah mengkonsumsi nanas untuk menangani menstruasi Anda yang tidak teratur. Disarankan untuk konsumsi minimum 80 gr buah /hari. 

4. Mengkonsumsi cuka apel 

Perasaan pahit yang berada di cuka apel nyatanya dapat menangani menstruasi yang tidak teratur. Satu studi pada tahun 2013 mengutarakan jika minum 15 mililiter cuka apel bisa kembalikan siklus haid Anda. 

Diluar itu, cuka apel dapat juga menolong turunkan berat tubuh, gula darah, serta kandungan insulin. Dianjurkan untuk meminum dengan kombinasi madu serta air seperlunya agar menghilangkan sensasi pahit dari cuka apel. 

5. Meningkatkan konsumsi vitamin 

Satu diantara vitamin yang ampuh untuk menangani siklus menstruasi tidak teratur ialah vitamin D. Vitamin yang ada di kuning telur, susu, serta minyak ikan ini diakui bisa membuat haid kita jadi normal. 

Diluar itu, vitamin B pun seringkali disarankan untuk beberapa wanita yang ingin merubah menstruasi mereka jadi normal. Oleh karenanya, konsumsi makanan yang memiliki kandungan vitamin B, seperti jagung, dapat juga memudahkan tanda-tanda pra menstruasi. 

6. Mengawasi berat tubuh 

Tidak hanya olahraga, mengawasi berat tubuh pun tidak kalah utamanya. Bila berat tubuh Anda tidak diduga turun atau alami kenaikan yang cukuplah mencolok, bisa jadi memengaruhi siklus menstruasi Anda. 

Oleh karenanya, jika Anda terasa berat tubuh jadi sumber permasalahan ketidakteraturan menstruasi Anda, silahkan tanyakanlah ke dokter. Berapakah berat tubuh yang baik untuk Anda serta bagaimana mengendalikan diet untuk diri Anda. 

Jika beberapa cara diatas tidak dapat menangani menstruasi Anda yang tidak teratur, coba untuk berkonsultasi dengan dokter. Dokter bisa merekomendasikan penyembuhan yang bisa dikerjakan serta tahu fakta di balik siklus haid Anda yang tidak teratur.

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengatasi Menstruasi Tidak Teratur"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel