Sudahkah Anda Tahu 5 Jenis Gambar Ilustrasi Berikut Ini?

Sudahkah-Anda-Tahu-5-Jenis-Gambar-Ilustrasi-Berikut-Ini

Gambar ilustrasi adalah gambaran tentang objek dalam bentuk visual yang menarik dan biasanya terdapat cerita yang ingin disampaikan oleh sang ilustrator. Penggunaan ilustrasi sangat beragam tergantung dari jenis ilustrasi itu sendiri. lustrasi yang dapat dibaca oleh masyarakat awam adalah seni yang universal. Ruang lingkup yang luas dan beragam membuat penciptaan gambar jenis ilustrasi semakin kaya. 

Jenis Gambar Ilustrasi 

Berikut beberapa jenis ilustrasi yang dapat Anda kenal lebih dalam: 

1. Karikatur 

Karikatur adalah salah satu jenis gambar ilustrasi yang dalam pembuatannya seringkali tidak mengindahkan proporsi tubuh. Selain anggota badan/objek yang tak seimbang, dalam gambar karikatur, ekspresi wajah adalah elemen penting dimana ekspresi itu biasanya memakan porsi lebih besar dengan gaya penggambaran yang dilebih-lebihkan. Karikatur juga berbentuk sindiran maupun komedi. 

Karikatur biasanya dapat ditemukan di kolom surat kabar bagian cerpen maupun sebagai ilustrasi penjelas bagi berita yang tengah naik. Sekarang karikatur juga sering digunakan sebagai hadiah kelulusan, ulang tahun dan hadiah pernikahan. Penggunaan gambar karikatur bersifat kondisional karena dapat dipesan sesuai keinginan. 

2. Ilustrasi Dekoratif 

Ilustrasi dekoratif bersifat untuk menghias. Ilustrasi jenis ini dapat ditemukan dengan mudah dimana saja dan dapat digunakan untuk keperluan apa saja. Contohnya untuk wallpaper, layout majalah, bahkan dapat digunakan juga sebagai motif pada pembuatan baju. 

Dalam Ilustrasi dekoratif untuk wallpaper, objek yang ada didalamnya tidak hanya satu namun sekaligus beragam. Setelah disusun, gambar kemudian direpetisi dan dicetak pada objek datar yang ukurannya panjang. 

3. Kartun 

Jika gambar ilustrasi lainnya bersifat menjelaskan tulisan atau sebagai elemen tambahan, maka berbeda dengan kartun yang memiliki jalan cerita sendiri. Kartun biasanya dikemas dengan tokoh dan visual yang menarik untuk anak kecil maupun orang dewasa, maka dari itu, kartun memiliki warna-warna yang mencolok. 

Gaya ilustrasi untuk setiap kartun biasanya berbeda dan memiliki kelebihannya masing-masing. Kartun biasanya dapat ditemukan di cerita bergambar, majalah, atau komik adaptasi dari novel. 

Dalam perkembangannya, sekarang kartun juga digemari untuk pembuatan portrait/gambar diri. Pembuatan ilustrasi kartun untuk menggambar wajah diri sendiri atau orang tersayang telah banyak diminati karena keunikan dan cara lain untuk mengabadikan momen selain lewat kamera. 

4. Pop Art 

Aliran seni pop art muncul pada abad 50 di Inggris dan Amerika, sedangkan tokohnya paling terkenal yaitu Andy Warhol dengan lukisan kaleng sup Champbell’s yang menjadi ikon pop art sepanjang masa. Gaya pop art sangat besar pengaruhnya karena juga berimbas pada gaya busana waktu itu dan warna-warnanya yang tetap digemari sampai sekarang. 

Ilustrasi pop art sendiri dikenal karena garisnya yang tajam, penggunaan warna-warna yang hidup seperti kuning dan merah, serta objeknya yang terinspirasi dari budaya populer. 

5. Ilustrasi Vector 

Gambar vector diciptakan melalui proses olah digital berdasarkan titik koordinat. Gambar vektor memiliki kelebihan yaitu gambar yang tak akan pecah walau sudah kita perbesar ke titik maksimal. Gambar vector biasanya digunakan untuk desain digital seperti desain fashion, grafis dan keperluan lain seperti pembuatan banner. 

Selain untuk kepentingan desain, gambar vector juga mulai digemari oleh kalangan muda karena teknik yang menantang untuk dipelajari dan juga terdapat pemesanan untuk ilustrasi vector di dunia maya. 

Beragamnya jenis gambar ilustrasi dapat memperkaya pilihan masyarakat. Ilustrasi yang digemari tentu saja tak selalu sama, namun masih memberikan kesan sama yaitu berani. Pendekatan yang berbeda juga dapat mempengaruhi ilustrasi mana yang digemari seseorang. Ilustrasi yang dapat dipesan sesuai keinginan sendiri adalah langkah awal untuk mencicipi keragaman seni. 

Belum ada Komentar untuk "Sudahkah Anda Tahu 5 Jenis Gambar Ilustrasi Berikut Ini?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel