Tips Menjaga dan Merawat Implan Payudara


Jenis implan terdiri dari sekian banyak jenis, sampai-sampai penempatan, sayatan, dan masa-masa pemulihan paling bervariasi. Umumnya, proses pemulihan akan dilangsungkan selama 1 minggu. Namun, pembengkakan dan nyeri bisa bertahan dalam 3 atau 4 minggu.

Supaya pemasangan tidak tidak berhasil dan bisa bertahan lama, teknik menjaga implan payudara mesti diperhatikan. Ini dibuka setelah pemasangan implan selesai dilaksanakan hingga seterusnya. Nah, petunjuk untuk mengasuh implan payudara meliputi sejumlah hal inilah ini.

1. Ikuti instruksi pengobatan dari dokter

Supaya proses pemulihan lebih cepat dan aman, Anda mesti mengekor anjuran dokter dalam mengawal implan payudara, seperti:

Istirahat lebih tidak sedikit supaya tubuh pulang pulih dan sehat.

Memilih posisi istirahat yang aman, yakni telentang selama sejumlah minggu. Gunakan ekstra bantal agar Anda lebih nyaman. Tidur dengan posisi tengkurap atau oleng akan memberi desakan pada payudara. Akibatnya, rasa nyeri bakal semakin meningkat parah dan hasil operasi jadi tidak maksimal.

Hindari mengerjakan pekerjaan, laksana menarik, mendorong, mengusung, atau menyangga sesuatu yang berat. Misalnya menggendong bayi atau membawa kantong belanjaan yang penuh.

2. Lakukan pijatan di dekat payudara

Pemijatan payudara adalahbagian urgen untuk mengasuh implan payudara. Baik sesudah operasi guna pemulihan maupun perawatan lanjutan. Tindakan ini dilaksanakan untuk menangkal kontraktur kapsular, yakni komplikasi yang mengakibatkan jaringan di dekat implan jadi menebal dan mengeras.

Di samping itu, pemijatan yang dilaksanakan setelah operasi juga dilaksanakan supaya posisi implan tidak beralih tempat. Setelah kita pulih dari operasi, pemijatan mesti dilaksanakan rutin cocok dengan pertunjuk dokter untuk mengawal implan payudara tetap lembut dan kenyal.

3. Kurangi kegiatan berat dan posisi istirahat tengkurap

Meski tubuh telah pulih, kegiatan berat dan posisi istirahat tengkurap dapat memberikan desakan lebih pada implan payudara. Akibatnya, implan bisa bergeser, bentuknya berubah, dan ukurannya mengecil. Untuk mengawal implan payudara tetap laksana semula dan tidak butuh diganti lagi, Anda butuh mengurangi kelaziman dan kegiatan tersebut.

4. Pakai bra yang tepat

Pascaoperasi pemasangan implan payudara kita akan diserahkan bra bedah yang mesti dikenakan selama sejumlah minggu. Kemudian, bra bakal diganti menjadi bra biasa. Namun, pemakaian bra mesti dilaksanakan secara perlahan, sampai implan payudara benar-benar siap. 

Setelah bra bedah, Anda diizinkan untuk memakai bra biasa tanpa kawat. Kenapa? Kawat yang kaku bisa mengiritasi irisan payudara di unsur bawah. Setelah Anda sejumlah bulan setelahnya, kita baru diperbolehkan mengenakan bra model ini untuk menangkal posisi payudara mengendur.

5. Pola hidup sehat dan tidak jarang kali rutin cek ke dokter

Operasi apa pun bakal cepat pulih andai Anda merealisasikan gaya hidup sehat. Jika kita tetap konsisten, maka kesehatan tubuh pun akan terjaga dan pastinya menyerahkan pengaruh baik pada implan payudara. Jadi, selalu simaklah asupan makanan, kegiatan yang kita lakukan, dan berhenti merokok.

Di samping itu, mengawal implan payudara pun meliputi periksa kesehatan yang berkala. Anda seringkali dianjurkan mengerjakan pemindaian MRI 3 tahun sesudah operasi dan melakukannya lagi 2 tahun sekali setelahnya. Tujuannya untuk menangkal pecahnya implan jenis silikon. Lakukan pun pemeriksaan sinar X untuk mengawasi tidak terbentuknya kanker di payudara.

Jika Anda merasakan demam, kemerahan, dan pembengkakan di dekat payudara, segera cek ke dokter. Meskipun jarang, situasi tersebut dapat terjadi pada kita dan menandakan danya infeksi sesudah operasi.

Belum ada Komentar untuk "Tips Menjaga dan Merawat Implan Payudara"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel