Ingin Baju Lebih Ekslusif? Yuk Ketahui Teknik Desain Baju Ini

Ingin-Baju-Lebih-Ekslusif-Yuk-Ketahui-Teknik-Desain-Baju-Ini

Penampilan adalah hal mendasar yang menentukan kesan pertama. Oleh karena itu, desain baju yang kita kenakan menjadi sorotan bagi orang yang berpapasan dengan kita. Selain dapat menjadi pusat perhatian, gaya busana kita juga merupakan aspek penting dalam menunjukkan jati diri. 

Maka dari itu, perkembangan desain yang menarik dengan berbagai gaya terus bermunculan. Gaya busana sendiri terpengaruh oleh trend fashion yang sedang in atau populer namun banyak dari kalangan masyarakat kita memilih untuk merancang sendiri busana mereka terlepas dari kepopuleran trend tersebut. 

Teknik Mendesain Baju 

Dalam merancang busana yang kita inginkan, banyak aspek yang harus Anda pahami sebelumnya, apalagi jika menyangkut desain yang akan digunakan. Selain melihat trend yang sedang in, ada baiknya Anda juga memperbanyak referensi desain yang ingin Anda buat. Tenang saja, dalam membuat desain baju Anda sendiri, ada beberapa teknik dalam mendesain yang tentunya mudah dan layak untuk dicoba, berikut ulasannya: 

1. Pola Desain 

Pola pakaian adalah dasar paling penting untuk mulai membuat baju Anda sendiri. Pola desain adalah pengukuran baju berdasarkan ukuran badan seseorang. Teknik pola sendiri ada bermacam-macam tergantung tingkat kesulitan dan pemakaiannya. 

Beberapa yang dipakai oleh orang Indonesia yaitu pola Dress Making, Danckaertz, atau Mayneke. Dari pola yang diukur diatas kertas, Anda dapat membuat desain berdasarkan potongan yang ingin Anda eksplorasi. 

Potongan pola ini nantinya akan membentuk desain baju jika sudah selesai pembuatannya. Apalagi dengan menggunakan warna yang berbeda untuk pola yang berbeda, pasti hasil yang akan dihasilkan jadi lebih menarik. 

2. Teknik Sablon 

Teknik sablon adalah teknik yang memungkinkan kita untuk mencetak tinta warna diatas kain yang sudah kita pilih. Cara pembuatannya desain baju ini adalah dengan cara mendesain motif yang Anda inginkan, lalu motif tersebut akan dibuatkan screen atau semacam cetakan yang akan diperlukan dalam proses sablon. 

Alat lain yang Anda gunakan adalah rakel sablon atau pegangan yang akan membantu menekan tinta agar tercetak pada screen. Penekanan dilakukan berulang-ulang agar hasil warna yang keluar dapat merata. 

Nantinya, motif dari screen akan muncul di baju dalam bentuk tinta yang masih basah, hal selanjutnya yang perlu dilakukan adalah dengan mengeringkannya. Jangan lupa untuk memilih warna tinta apa saja yang Anda butuhkan ya! Untuk setiap warna berbeda, masing-masing akan memiliki screen dan rakel yang berbeda pula. Semakin banyak warna yang akan Anda gunakan, semakin rumit proses sablon tersebut. 

3. Digital Print 

Digital print merupakan penemuan teknologi baru untuk memberikan kemudahan dalam mendesain motif baju kita. Untuk memulainya, kita bisa membuat motif yang kita inginkan, lalu kita repetisi sesuai kebutuhan dan ukuran, setelah itu motif bisa langsung dikirim ke percetakan kain untuk di cetak diatas kain yang kita pilih. 

Untuk penggunaan kain juga ada beragam. Hasil dari setiap kain memiliki kelebihannya masing-masing, contohnya seperti printing diatas kain kanvas hasil warnanya akan lebih terang namun tekstur dari kain kanvas yang tebal juga masih terlihat. 

Berikut merupakan tiga teknik dalam menciptakan baju kita sendiri. Entah menggunakan teknik manapun, yang perlu Anda perhatikan adalah dari segi pematangan desain yang ingin Anda gunakan. Oleh karena itu, sebelum mulai membuat desain baju Anda sendiri, perbanyaklah referensi yang Anda sukai, kemudian dapat dikembangkan ulang menjadi sesuatu yang baru.

Belum ada Komentar untuk "Ingin Baju Lebih Ekslusif? Yuk Ketahui Teknik Desain Baju Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel