Kenali 3 Manfaat Imunisasi Sejak Dini

Kenali-3-Manfaat-Imunisasi-Sejak-Dini

Imunisasi merupakan suatu proses untuk membuat tubuh seseorang kebal terhadap suatu penyakit. Proses tersebut dilakukan dengan cara pemberian vaksin dalam rangka merangsang sistem imun tubuh agar bisa kebal terhadap serangan virus atau bakteri. Hal ini biasanya dilakukan kepada bayi berusia 0 bulan hingga anak berusia 10 tahun atau setara dengan kelas 5 SD. 

Sebenarnya bayi yang berusia 0 bulan atau bayi yang baru lahir sudah memiliki sistem imun alami yang disebut dengan kekebalan pasif. Sistem imun tersebut didapatkan dari ibu saat bayi masih berada di dalam kandungan. Sayangnya, sistem imun ini hanya bertahan dalam rentang waktu mingguan atau satu bulan saja. Setelahnya, bayi akan lebih rentan atau lebih mudah terserang penyakit. 

Pada umumnya, hal ini bertujuan agar sistem kekebalan tubuh dapat terbentuk. Pembentukan antibodi ini pastinya disesuaikan dengan kadar dari masing-masing anak. Itulah sebabnya setiap anak memiliki jadwal pemberian vaksin tersendiri sesuai dengan yang diarahkan oleh posyandu. 

Adapun manfaat vaksin sendiri yaitu sebagai salah satu tindakan pencegahan penyakit menular. Selain itu, vaksin dilakukan sebagai bentuk tindakan pertahanan atau perlindungan terbaik dari berbagai penyakit serius atau infeksi pada tubuh. 

Vaksin merupakan suatu bahan alami yang berisikan produk biologi. Mungkin sebagian dari Anda belum tahu jika vaksin juga merupakan bagian dari virus atau bakteri yang sudah menjadi lemah. Vaksin yang sering kita temukan biasanya sudah berbentuk cairan, obat, atau aerosol (zat yang bisa dihirup). Maka dari itu, tindakan yang dilakukan berupa disuntik atau pemberian obat yang bisa diemut seperti gula. 

Manfaat Imunisasi 

Berikut akan dipaparkan manfaat imunisasi bagi tubuh anak Anda. 

1. Mencegah Tersebarnya Penyakit pada Tubuh 

Pemberian vaksin selain melindungi tubuh dari ancaman penyakit serius, juga memiliki manfaat untuk mencegah penyakit menjadi tersebar. Sebagai contoh kasus kematian bayi dan anak-anak yang pernah menggemparkan dunia yang disebabkan penyakit campak dan batuk rejan (pertusis). 

Hal ini terjadi dikarenakan tidak adanya vaksin untuk kedua penyakit tersebut. Akibatnya angka kematian bayi dan anak meningkat pada saat itu. Maka dari itu, untuk mencegah hal tersebut kembali terjadi pada masa sekarang, ada baiknya Anda para orang tua mengetahui manfaat imunisasi sejak dini. 

2. Melindungi Anak dari Resiko Kematian dan Cacat 

Seperti yang telah dipaparkan sebelumnya, bahwa kematian bayi dan anak yang pernah terjadi disebabkan karena tidak dilakukannya vaksinasi. Padahal pemberian vaksin bisa membantu mencegah resiko terjadinya kematian dan cacat. Contohnya pemberian vaksin cacar kepada anak untuk membantu mereka mencegah terjangkitnya penyakit cacar dikemudian hari. 

Begitu juga dengan pemberian vaksin rubella dan campak yang membantu mencegah terjadinya penularan virus dari ibu hamil terhadap janin atau anak baru lahir. Karena pada umumnya antibodi anak usia 0 bulan masih perlu penyesuaian meskipun memiliki antibodi alami. Hal tersebut terbukti bisa menurunkan resiko tersebut secara drastis. 

3. Menghemat Waktu dan juga Biaya Orang Tua 

Dengan memberikan vaksin pada anak merupakan salah satu dari investasi kesehatan dalam jangka panjang yang sangat murah. Dikatakan demikian karena terbukti bisa membantu mencegah juga mengurangi angka kematian dan kecacatan yang disebabkan oleh suatu penyakit pada bayi dan anak-anak. Karena vaksin mampu mencegah penyakit serius yang berkepanjangan, artinya imunisasi merupakan tindakan yang tidak merugikan waktu dan finansial kita di masa depan. 

Itulah manfaat dari imunisasi yang harus dilakukan kepada bayi dan anak-anak Anda sejak usia dini. Begitu juga dengan para calon orang tua agar mengetahui manfaatnya dari sekarang. Karena tindakan pemberian vaksin sangat berarti bagi masa depan anak-anak Anda. Jangan sampai anak akan terkena penyakit karena kurangnya kepedulian orang tua. 

Belum ada Komentar untuk "Kenali 3 Manfaat Imunisasi Sejak Dini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel