Inilah 5 Fungsi Perspektif Dalam Gambar

Inilah-5-Fungsi-Perspektif-Dalam-Gambar

Menggunakan gambar untuk menyampaikan maksud yang ingin kita sampaikan pada pembaca sangatlah efektif. Gambar merupakan seni dua dimensi yang bisa berbentuk objek apa saja. Perspektif pada gambar diciptakan untuk menggiring kesan tiga dimensi pada orang yang melihatnya. 

Dalam mewujudkan kesan nyata dalam gambar tersebut terdapat desain dengan satu titik hilang, dua titik hilang dan tiga titik hilang. Jadi, walau hanya berbentuk dua dimensi, kesan nyata dapat sampai kepada orang yang melihatnya. 

Fungsi Perspektif dalam Gambar 

Dalam perkembangannya, penggunaan perspektif dalam gambar dapat digunakan untuk beragam keperluan seperti dalam desain produk (objek) namun banyak digunakan di bidang arsitektur dan desain interior. 

Berikut fungsi perspektif atau titik hilang dalam gambar yaitu: 

1. Memberikan Volume pada Gambar 

Gambar tiga dimensi adalah gambar dengan volume/isi di dalamnya. Walaupun berupa bidang datar namun kesan bervolume bisa didapatkan dengan menggunakan titik hilang. Volume digunakan dalam gambar objek, ruangan, busana, suasana dan landscape perkotaan. Dengan memberikan volume pada gambar, objek akan terlihat lebih hidup. 

2. Memberikan Kesan Jauh dan Dekat 

Penggunaan titik hilang ini digunakan untuk memperjelas kesan jauh dan dekat, memperlihatkan sudut-sudut gambar yang ingin ditonjolkan oleh desainer. Dengan adanya jarak jauh dan dekat, penggambaran akan besar suatu objek bisa terlihat lebih masuk akal karena disandingkan dengan beragam objek lainnya lewat pengukuran yang sama. 

3. Memperlihatkan Semua Sudut Desain 

Gambar desain yang menggunakan perspektif tentunya akan mengirimkan gambaran nyata yang lebih dapat dibayangkan oleh klien. Juga dapat membantu desainer untuk memperlihatkan sudut manapun dari desain tersebut kepada klien. Ini juga merupakan keuntungan lain karena dapat memberikan klien gambaran utuh saat ingin memesan suatu desain. Terlihatnya semua sudut yang ingin dililhat oleh pemesan juga membantu jika ada detail yang ingin ditambah atau dikurang. 

4. Mengukur Objek dengan Ukuran Sebenarnya 

Ukuran yang digunakan adalah satu banding sekian (tergantung ukuran desain sebenarnya). Penggunaan ukuran satu banding sekian dapat mengurangi resiko salah ukur maupun resiko desain yang berubah saat dibuat karena perhitungan yang salah. 

Dengan begitu, klien dapat memiliki proyeksi nyata akan jadi seperti apa desain yang ditawarkan. Pengukuran dengan menggunakan satu banding sekian ini juga dapat memperhitungkan akan seperti apa peletakan objek lainnya. 

5. Mempermudah Pembuatan Prototype 

Untuk desain skala besar seperti rumah atau bangunan, pembuatan prototype cukup penting karena dapat melihat tampilan sesungguhnya dari desain yang akan dibuat dan revisi seperti apa yang dibutuhkan. Pembuatan prototype akan lebih mudah dipahami jika desain yang kita gunakan menggunakan titik hilang sehingga tinggi dan volume dapat dibaca dengan efisien. 

Selain itu, penggunaan perspektif pada gambar juga memiliki keuntungan interaksi yang terjalin antara klien dan desainer. Karena kemudahan yang ditawarkan bukan hanya dalam segi desain, namun juga diskusi selama proses pemesanan desain. Diskusi terkait pengurangan atau penambahan detail juga bisa berjalan dengan lancar. 

Penggunaan gambar perspektif sangat dianjurkan untuk transaksi desain agar dapat terhindar dari kesalahan antara kedua belah pihak. Tentunya selain gambar yang memiliki elemen lengkap seperti penggunaan titik hilang, komunikasi adalah hal terbaik dalam menjelaskan sesuatu. Namun hal yang kurang dalam komunikasi adalah percakapan tersebut tidak dicatat sehingga bisa saja menimbulkan kesalah pahaman di kemudian hari. Maka dari itu, desain tiga dimensi adalah jawaban bagi konsumen.

Belum ada Komentar untuk "Inilah 5 Fungsi Perspektif Dalam Gambar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel