Mengenal Alergi Dingin, Gejala, Penyebab dan Cara Mengobatinya

Mengenal-Alergi-Dingin-Gejala-Penyebab-dan-Cara-Mengobatinya

Ada orang yang sensitif terhadap debu dan langsung mengalami batuk flu jika terpapar debu. Ada juga orang yang rentan terhadap dingin sehingga memunculkan ruam-ruam merah pada kulit jika terpapar udara dingin. Hal itu biasa kita kenal dengan istilah alergi, yaitu ketika sistem kekebalan tubuh kita bereaksi terhadap sesuatu yang dianggap berbahaya. 

Salah satunya adalah sensitif terhadap udara dingin. Orang yang rentan terhadap dingin atau udara dingin akan mengalami reaksi pada kulitnya, mulai dari muncul bercak kemerahan hingga mengalami bengkak. 

GEJALA 

Gejala utama yang dialami oleh para penderita alergi terhadap udara dingin adalah biduran. Penderita akan mengalami bentol-bentol dengan jumlah yang banyak pada kulit, berwarna kemerahan, dan terasa sangat gatal. Biduran ini bisa terjadi selama 2 jam. Keadaan bisa membaik setelah suhu mulai menghangat dan biduran akan hilang dengan sendirinya. 

Tidak hanya biduran, penderita juga ada yang mengalami pembengkakan. Jika penderita menyentuh benda yang dingin dengan menggunakan tangan, maka tangan bisa jadi mengalami bengkak. Begitupun ketika mengkonsumsi makanan atau minuman dingin, bagian bibir juga bisa mengalami bengkak. 

PENYEBAB 

Bagi orang yang alergi dengan dingin, biasanya disebabkan oleh paparan udara dingin. Namun sampai saat ini belum ada penelitian yang bisa menjelaskan bagaimana bisa udara dingin menimbulkan reaksi tersebut. 

Selain paparan udara dingin, ada faktor lain yang bisa memicu reaksi ini, yaitu sebagai berikut : 

1. Kulit sensitif 

Penyebab yang pertama adalah penderita memiliki kulit sensitif, terutama sensitif terhadap udara dingin. 

2. Usia 

Faktor usia juga bisa menjadi salah satu penyebabnya. Penderita yang rentan mengalami reaksi dengan dingin biasanya merupakan kelompok usia kategori anak-anak dan remaja. Namun seiring waktu, hal tersebut akan sembuh dengan sendirinya. 

3. Penyakit lain 

Penyebab selanjutnya adalah karena adanya penyakit lain. Penderita kanker dan hepatitis lebih sensitif terhadap dingin. 

4. Faktor keturunan 

Faktor keturunan juga bisa menjadi penyebabnya. Orang tua yang mengalami hipersensitif terhadap udara dingin akan lebih mungkin menurunkan hal ini pada anaknya. 

CARA MENGATASI 

Kita sudah mengetahui mengenai gejala dan penyebab seseorang yang rentan dengan dingin. Reaksi yang muncul akibat alergi dingin bisa hilang dengan sendirinya. Tapi tentu rasanya tidak nyaman. Kalau begitu, akan lebih baik jika Anda segera mencari pertolongan untuk mengatasi reaksi yang muncul. 

Jika Anda sudah tahu bahwa Anda rentan dengan udara dingin, sebaiknya Anda menghindari pemicu yang menyebabkan reaksi muncul. Apabila Anda tidak bisa menghindarinya, Anda harus menyiapkan obat untuk mengatasi gejala yang timbul. 

Anda bisa mengkonsumsi obat khusus untuk meredakan reaksi yang muncul akibat alergi dingin, yaitu antihistamin. Tidak hanya berguna untuk meredakan gejala yang muncul, obat ini juga mampu mencegah hal yang sama terulang kembali. 

Mencegah tentu akan lebih baik daripada mengobati. Anda yang rentan dengan udara dingin bisa melakukan hal-hal berikut ini untuk mencegah munculnya gejala : 
  • Memakai pakaian yang hangat dan menutup seluruh permukaan kulit 
  • Tidak mengkonsumsi makanan atau minuman yang dingin 
  • Konsumsi obat sesuai dengan anjuran dokter 
  • Berkonsultasi dengan dokter sebelum pergi menjelajahi tempat-tempat dengan suhu dingin 

Nah, itulah beberapa hal penting yang perlu Anda tahu mengenai alergi dingin. Salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk mendeteksi apakah Anda rentan dengan udara dingin atau tidak adalah dengan menempelkan es batu pada permukaan kulit. Jika kulit Anda mengalami reaksi seperti munculnya bercak kemerahan atau sampai biduran, berarti Anda rentan dengan udara dingin.

Belum ada Komentar untuk "Mengenal Alergi Dingin, Gejala, Penyebab dan Cara Mengobatinya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel