Beberapa Pemicu Keloid Muncul Mendadak


Keloid ialah sisa cedera yang tumbuh terlalu berlebih hingga terlihat lebih muncul dibanding permukaan kulit di sekelilingnya. Jaringan keloid umumnya ada sesudah kulit sembuh dari cedera, tapi ada juga keloid yang ada dengan mendadak. 

Jaringan keloid bisa mengganggu tampilan sebab kelihatan menebal dengan warna yang berlainan. Lalu, apa sebetulnya yang membuat keloid ada bahkan juga tanpa ada cedera awalnya? 

Pemicu keloid yang ada mendadak 

Pembentukan keloid adalah tanggapan agresif badan Anda saat alami luka atau cedera. Pemicunya bisa datang dari cedera irisan, operasi, terbakar, jerawat, cacar, tindik, serta suntikan vaksin. 

Masalah keloid yang ada dengan spontan sangat jarang-jarang. Bahkan juga, kebenaran tentang keadaan ini masih jadi pembicaraan. Masalahnya belum bisa diyakinkan apa keloid memang bisa tercipta tanpa ada cedera benar-benar ataukah tidak. 

Tetapi, satu riset yang dimuat dalam jurnal Dermatology temukan satu titik jelas. Peserta riset yang mempunyai keloid tanpa ada cedera awalnya nyatanya mempunyai penyakit genetik atau sudah pernah konsumsi semacam obat. 

Berikut beberapa keadaan berkaitan keloid yang ada mendadak: 

1. Bethlem myopathy 

Bethlem myopathy ialah penyakit genetik langka yang menyerang otot rangka serta jaringan ikat. Penyakit ini membuat otot serta persendian jadi lemah hingga pasien pada akhirnya akan memerlukan alat membantu gerak. 

Ciri penting Bethlem myopathy diantaranya lemahnya otot lengan serta kaki sisi atas, kelebihan produksi keratin pada folikel rambut, dan pembentukan jaringan keloid. Pasien mempunyai otot lengan bawah yang terus berkontraksi serta terlihat pendek. 

2. Rubinstein-Taybi syndrome 

Rubinstein-Taybi syndrome ialah penyakit genetik yang diikuti dengan postur badan pendek, masalah kecerdasan, dan ibu jari yang lebar. 

Penderitanya juga beresiko tambah tinggi terserang tumor, baik yang bisa berkembang jadi kanker atau tidak. 

Keloid yang ada mendadak pada pasien Rubinstein-Taybi syndrome mungkin saja adalah tumor. Oleh karenanya, orang yang mempunyai keloid tanpa ada sudah pernah alami cedera dianjurkan untuk jalani kontrol selanjutnya. 

3. Dubowitz syndrome 

Seperti ke-2 penyakit awalnya, Dubowitz syndrome adalah penyakit genetik yang sangat langka. Penyakit ini diikuti dengan perkembangan yang terhalang, kepala memiliki ukuran kecil, masalah mental tingkat mudah, serta permasalahan kulit. 

Permasalahan kulit yang ada biasanya berbentuk eksim. Tetapi, terbuka peluang untuk terbentuknya jaringan keloid dengan mendadak. Keadaan ini butuh ditangani dengan penyembuhan teratur bersama dengan dokter spesialis kulit. 

4. Pemakaian letrozol 

Letrozol ialah obat yang dipakai untuk menangani kanker payudara pada wanita yang sudah melalui waktu menopause. Pada riset itu, peserta yang konsumsi letrozol alami pembentukan keloid baru sesudah dua bulan. 

Waktu disuruh berhenti konsumsi letrozol, keloid baru tidak tercipta. Beberapa eksperimen seterusnya memberi hasil sama, tapi belum bisa diambil kesimpulan apa letrozol jadi hanya satu pemicu keloid yang ada mendadak. 

Pembentukan keloid sebetulnya adalah hal normal yang bisa berlangsung pada beberapa orang. Keloid dapat makin bertambah besar dengan perlahan-lahan serta cuma dapat di hilangkan dengan mekanisme spesial. Meskipun begitu, keadaan ini tidak beresiko. 

Anda malah butuh waspada keloid yang ada dengan mendadak. Selekasnya kontrol keadaan Anda ke dokter untuk tahu sebabnya. Walau tidak memunculkan bahaya langsung, type keloid ini bisa mengisyaratkan tumor pada kulit.

Belum ada Komentar untuk "Beberapa Pemicu Keloid Muncul Mendadak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel