Mengatasi Gigi yang Sakit Dengan Cara Alami


Ada beberapa hal yang dapat mengakibatkan gusi berasa perih, ngilu, serta nyut-nyutan. Entahlah itu sebab sariawan, menggosok gigi begitu keras, baru pasang behel, sampai pergantian hormon yang terkait dengan menstruasi bulanan serta kehamilan. Apapun unsur pemicunya, sakit gusi benar-benar membuat tidak nyaman. Supaya tidak terus menerus tersiksa, tersebut beberapa pilihan obat untuk sakit gusi yang aman serta mujarab. 

Gusi yang sakit dapat diobati dengan beberapa perawatan simpel ala rumahan. Beberapa yang dapat Anda coba salah satunya: 

1. Kompres dingin 

Gusi yang nyut-nyutan bisa diobati dengan kompres dingin. Tidak hanya efisien menurunkan rasa sakit, kompres dingin dapat menolong kurangi peradangan di gusi. 

Anda tidak butuh modal banyak untuk lakukan penyembuhan ini. Cukup siapkan beberapa bongkah es batu dan kain atau waslap bersih. Bungkus es batu dengan waslap lalu lekatkan dibagian gusi yang sakit sepanjang beberapa 5-10 menit. Diamkan sesaat lalu lekatkan kompres dingin dibagian gusi yang memiliki masalah. 

Kerjakan langkah berikut seringkali sampai gusi Anda tidak berasa sakit. 

2. Kumur air garam 

Air garam adalah ramuan alami dengan sejuta faedah kesehatan untuk gigi serta mulut. 

Berita baiknya, beberapa riset sudah sukses menunjukkan klaim faedah air garam itu. Air garam bisa menurunkan peradangan serta menahan infeksi karena gingivitis. Ini karena dampak antiradang, antiseptik, serta antimikroba yang dipunyainya. 

Tetapi, yakinkan Anda memakai type garam yang pas. Pakai garam murni yang tanpa ada kombinasi MSG atau bumbu penyedap yang lain. Diluar itu, jangan kebanyakan menakar garam jadi obat kumur. Anda cukup memakai 1/2 sendok teh garam murni serta larutkan dalam satu gelas air hangat. 

Berkumurlah sepanjang 20-30 detik lalu buang air sisa kumurannya sesudah usai, jangan ditelan. 

3. Sikat gigi 2x satu hari 

Teratur menggosok gigi ialah kunci dalam menjaga kebersihan gigi serta mulut. Jadi, walau gusi sedang nyut-nyutan, Anda tidak bisa sampai lupa menggosok gigi. 

Malas atau jarang-jarang sikat gigi malah akan membuat bakteri makin banyak berkoloni di gusi, hingga jadi parah permasalahannya. American Dental Association menyarankan tiap orang untuk rajin menggosok gigi 2x satu hari saat pagi serta malam hari sebelum tidur. Pilih sikat yang berbulu lembut serta yakinkan pasta gigi yang dipakai memiliki kandungan fluoride. 

Satu hal-hal lain yang perlu dilihat, janganlah lupa untuk bersihkan gigi gunakan benang. Langkah berikut efisien mengusung sisa-sisa makanan yang terselip atau terlibat di celah antar gigi serta tidak bisa dicapai dengan bulu sikat gigi. 

Membersihkan gigi Anda dengan benang sesudah Anda menggosok gigi. Agar tidak membuat gusi makin sakit, kerjakan tehnik flossing yang pas.

Belum ada Komentar untuk "Mengatasi Gigi yang Sakit Dengan Cara Alami"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel