Tips Jual Rumah Agar Terhindar dari Kasus Penipuan

Tips-Jual-Rumah-Agar-Terhindar-dari-Kasus-Penipuan

Kasus penipuan di Indonesia semakin marak terjadi. Akhir-akhir ini, kasus penipuan yang paling banyak terjadi adalah kasus penipuan pada proses jual beli rumah. Ada banyak penjual rumah yang ditipu oleh calon pembeli rumah. Dengan banyaknya kasus tersebut, Anda harus lebih hati-hati dan harus mengikuti berbagai tips jual rumah agar tidak mudah tertipu oleh calon pembeli. 

Sebenarnya proses jual beli rumah, merupakan proses jual beli yang cukup aman. Jika Anda menerapkan tips jual rumah aman yang telah ada, maka resiko ditipun oleh calon pembeli pun akan menjadi kecil. Kerugian dari kasus penipuan jual beli rumah tidaklah bisa dipandang sebelah mata. Banyak orang yang bahkan mengalami kerugian hingga miliaran rupiah akibat ditipu calon pembeli. 

Tips Jual Rumah Agar Anda Tak Ditipu oleh Calon Pembeli

Berikut ini merupakan beberapa tips dari https://artikel.rumah123.com/ yang harus Anda lakukan dan perhatikan ketika akan menjual rumah. Beberapa tips jual rumah yang harus Anda lakukan agar tak mudah ditipu oleh calom pembeli rumah antara lain adalah: 

1. Meningkatkan Kewaspadaan dan Kehati-hatian 

Hal pertama yang tentu saja harus Anda lakukan ketika akan menjual rumah adalah meningkatkan kewaspadaan dan kehati-hatian. Anda tidak boleh langsung memberikan semua informasi mengenai rumah secara langsung pada calon pembeli. Apalagi calon pembeli tersebut terlihat masih belum pasti membeli rumah yang Anda jual. 

2. Lakukan Tatap Muka Secara Langsung Kepada Calon Pembeli 

Langkah lainnya yang harus dilakukan agar Anda terhindar dari penipuan calon pembeli rumah adalah dengan melakukan tatap muka secara langsung kepada calon pembeli. Umumnya modus pelaku penipuan adalah dengan mengaku sangat tertarik dengan rumah yang Anda jual dan langsung ingin membayar uang tanda. 

Jika menemukan calon pembeli yang seperti itu, Anda harus lebih waspada dan hati-hati. Sebelum tergiur dengan ucapan calon pembeli tesebut, Anda harus melakukan tatap muka terlebih dahulu kepada calon pembeli. Ketika bertatap muka, tanyakan informasi lengkap tentang calon pembeli. Dengan demikian resiko penipuan akan sedikit berkurang. 

3. Lakukan Pengecekan Berulang Kali Mengenai Informasi Pembeli 

Langkah selanjutnya yang harus Anda lakukan untuk menghindari resiko penipuan oleh calon pembeli adalah dengan mengencek secara berulang kali informasi calon pembeli. Anda tidak boleh terlena dengan calon pembeli yang memiliki penampilan rapi dan meyakinkan. Anda harus tetap melakukan pengecekan terhadap informasi calon pembeli secara berulang. 

Cek informasi mengenai calon pemebeli tersebut seperti alamat rumah, pekerjaan dan juga latar belakang dari calon pembeli tersebut. Anda harus ingat bahwa penampilan tidak akan pernah menjamin bahwa seseorang adalah orang baik. Setelah dirasa latar belakang calon pembeli tersebut jelas, maka Anda bisa melanjutkan ke tahap selanjutnya. 

4. Jangan Berikan Sertifikat Rumah, Jika Pembeli Belum Melunasi Pembayaran 

Modus kejahatan penipuan dalam jual beli adalah dengan membayar sedikit uang muka rumah lalu meminta sertifikat rumah secara langsung. Biasanya mereka berjanji akan melunasi rumah setelah sertifikat diserahkan. 

Jika sudah seperti ini, janganlah menyerahkan sertifikat rumah Anda. Mintalah calon pembeli untuk melunasi dahulu pembayaran rumah yang dibeli, barulah sertifkat rumah bisa Anda serahkan. Jika belum bisa membayar lunas, janganlah sekali-kali menyerahkan sertifikat rumah Anda. Karena bisa jadi itu merupakan salah satu modus penipuan. 

Demikianlah tips jual rumah yang bisa Anda terapkan agar terhindar dari penipuan. Semoga bermanfaat bagi Anda yang berniat ingin menjual rumah.

Belum ada Komentar untuk "Tips Jual Rumah Agar Terhindar dari Kasus Penipuan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel