Kapan Harus Service AC Mobil? Jangan Tunggu AC Mobil Tidak Dingin

Kapan-Harus-Service-AC-Mobil-Jangan-Tunggu-AC-Mobil-Tidak-Dingin

Air Conditioner (AC) merupakan komponen yang sangat penting bagi kendaraan. Walaupun komponen ini jarang mendapatkan perhatian, namun tanpa keberadaan AC kita tidak dapat menikmati nyamannya berkendara menggunakan mobil. Pengendara mobil tentu akan kepanasan jika AC mobil tidak dingin. Penyebab tidak dinginnya AC tersebut biasanya dipengaruhi oleh kebocoran, komponen yang sudah aus ataupun debu dan kotoran. 

Kapan Harus Service AC Mobil? 

Untuk menghindari AC menjadi cepat rusak dan adanya gangguan lainnya seperti debu, Anda harus membersihkan AC mobil secara teratur. Selain itu, Anda juga perlu untuk membawanya ke dealer atau bengkel resmi untuk service. Karena sama seperti komponen lainnya, AC juga memerlukan perawatan rutin supaya kinerja sistemnya dapat maksimal. Lalu kapan seharusnya kita melakukan service terhadap AC mobil? Simak ulasan berikut ini. 

AC harus dirawat setiap hari dengan menghindari berbagai kegiatan yang dapat menimbulkan kerusakan. Selain itu, AC juga harus beberapa kali di service supaya tidak mudah mengalami kerusakan. Beberapa service yang bisa dilakukan menurut skalanya adalah sebagai berikut : 

1. Servis Kecil 

Service kecil terhadap kendaraan biasanya mengganti ataupun memperbaiki komponen yang harus diganti. Biasanya dilakukan dalam kurun waktu tertentu. Servis ini dilakukan setelah kendaraan menempuh jarak antara 5000 – 10000 km. Contoh service kecil adalah mengganti oli, aki, mengecek kondisi AC, dan membersihkan kotoran yang menempel. 

2. Servis Besar 

Servis besar idealnya dilakukan ketika mobil sudah menempuh jarak sejauh 10000 – 20000 km atau diperkirakan paling tidak sekali dalam jangka waktu satu tahun. Komponen yang harus diganti ketika service besar adalah kampas rem, Freon AC dan ban. Freon AC inilah yang paling sering rusak sehingga AC menjadi tidak dingin. Maka Anda harus cek bagian ini ya jika tidak ingin suhu dalam mobil menjadi panas. 

3. Service Berdasarkan Penggunaan 

Kendaraan yang sering digunakan ataupun memiliki beban yang berat tentu saja membutuhkan perawatan yang ekstra dibandingkan dengan yang dipakai untuk sesuatu yang ringan. Apalagi jika mobil digunakan untuk melewati medan yang berat seperti jalan berlumpur, berdebu, kasar, berbatu, pegunungan, dan daerah ekstrim lainnya tentu membutuhkan perawatan berkala. 

Berkaitan dengan AC, biasanya penyebab masalahnya adalah jika Anda sering melewati daerah yang berdebu. Saringan udara harus Anda bersihkan secara teratur. Seringlah mengecek bagian kondensor dan system AC untuk menghindari penumpukan kotoran yang dapat menyumbat dan menghambat kinerja AC. Segeralah service AC mobil Anda jika dirasa sudah banyak komponen yang tersumbat. 

4. Service Karena Kebiasaan Pengguna 

Anda juga harus lebih sering melakukan service AC, jika pengguna kendaraan sering melakukan kegiatan yang dapat menyebabkan penumpukan kotoran pada sistem AC. Padahal AC merupakan salah satu komponen interior mobil yang harus Anda perhatikan kebersihannya. 

Kebiasaan buruk yang seharusnya dihindari ketika di mobil adalah merokok dan membuka jendela saat AC dalam kondisi ON. Selain itu, kurangnya perilaku menjaga kebersihan dari pengguna akan mengakibatkan banyak masalah terutama pada AC. Asap rokok dapat masuk dan mengganggu filter yang ada dalam AC. Akibatnya AC mobil tidak dingin. 

Demikian beberapa informasi yang berkaitan dengan kapan seharusnya kita melakukan service terhadap AC. Ternyata sering atau tidaknya service dilakukan, berhubungan dengan bagaimana kebiasaan kita ketika menggunakan dan medan seperti apa yang biasa dilalui kendaraan. Jangan lupa untuk segera service ya supaya performa kendaraan tetap terjaga.

Belum ada Komentar untuk "Kapan Harus Service AC Mobil? Jangan Tunggu AC Mobil Tidak Dingin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel