7 Cara Merawat Traktor Agar Awet dan Tahan Lama

7-Cara-Merawat-Traktor-Agar-Awet-dan-Tahan-Lama

Hampir semua petani kini telah memiliki traktor. Tidak dapat dipungkiri, kehadiran traktor membuat pekerjaan para petani lebih mudah dalam menggarap sawahnya. Traktor didesain sedemikian rupa agar mampu bekerja di tanah berlumpur. Meskipun traktor memiliki desain yang besar dan terkesan gahar, traktor tetap butuh perawatan rutin yang memadai. Termasuk merawat jenis ban grader

Merawat Traktor Agar Awet dan Tahan Lama 

Untuk Anda para pemilik traktor, berikut ini cara merawat traktor agar kendaraan ini tetap awet dan tahan lama meskipun sudah lama digunakan. 

1. Periksa mur baut pada traktor 

Cara merawat traktor yang pertama adalah dengan memeriksa kondisi mur baut pada traktor. Pengecekan tidak hanya dilakukan sebelum pemakaian traktor, tapi juga setelah selesai digunakan. Pastikan mur baut tidak kendur yang bisa menyebabkan bagian-bagian traktor lepas. Jika hal tersebut terjadi, kerusakan yang ditimbulkan bisa lebih parah. 

2. Periksa V-belt 

Selain memeriksa mur baut, Anda juga perlu memeriksa kondisi v-belt. Sama seperti mur baut, pastikan v-belt tidak kendur agar tidak terjadi kerusakan yang lebih parah. Anda juga sebaiknya tidak hanya memeriksa kondisi v-belt sebelum dipakai, tapi juga memeriksanya setelah selesai dipakai. Hal ini berguna apabila terjadi kerusakan atau v-belt sudah kendur, Anda bisa segera menggantinya agar siap dipakai keesokan harinya. 

3. Periksa bahan bakar 

Yang ketiga adalah memeriksa bahan bakar. Ketika hendak dipakai, tentu Anda butuh traktor yang terisi dengan bahan bakar agar bisa digunakan. setelah selesai digunakan, jangan biarkan tangki bahan bakar pada traktor kosong tanpa isi. 

Traktor yang disimpan tanpa adanya bahan bakar akan menyebabkan pengembunan di dalam tangki. Semakin lama, embun yang muncul akan semakin banyak. Apabila embun ini masuk ke dalam ruang pembakaran, tentu akan merusak bagian motor pada traktor. 

4. Periksa tekanan ban 

Selanjutnya, Anda juga perlu memeriksa tekanan ban pada traktor. Pastikan tekanan ban pada traktor sebelum dan sesudah dipakai. Ban traktor yang kempes tidak mudah terlihat, terutama jenis ban grader. Oleh karena itu, Anda perlu memeriksa tekanannya untuk mengetahui hal tersebut. 

5. Periksa sistem pendingin 

Yang kelima, Anda perlu cek sistem pendingin. Traktor menggunakan air pada sistem pendinginannya, baik untuk traktor tipe radiator maupun tipe kondensor. Anda perlu cek apakah traktor masih memiliki air untuk sistem pendinginnya serta bagaimana kondisi ram radiator dari pendingin. 

Jika air sudah berkurang banyak, Anda sebaiknya segera menambahkan air agar pendinginan pada traktor bekerja maksimal. 

6. Beri pelumas secara rutin 

Selain melakukan berbagai pemeriksaan pada bagian-bagian traktor, Anda juga perlu memberikan pelumas di bagian-bagian tertentu pada traktor. Pemberian pelumas ini bertujuan agar tidak terjadi gesekan dan panas ketika traktor digunakan. 

Beberapa bagian traktor yang perlu diberikan pelumas diantaranya adalah bagian dalam motor, gigi transmisi, kabel kopling pengemudi, jari kopling, dan pengait kopling utama. 

7. Lakukan pemanasan secara rutin 

Sama halnya dengan kendaraan bermotor lainnya, traktor juga perlu dipanasi secara rutin sebelum dipakai. Tujuannya agar mesin traktor bisa awet dengan kondisi yang stabil. 

Nah, itulah 7 cara merawat traktor agar awet dan tahan lama. Sebagai pemilik traktor, Anda perlu memperlakukan traktor Anda seistimewa mungkin agar tetap awet dan bisa diandalkan ketika Anda membutuhkannya. Kalau traktor Anda terawat dengan baik, tentu bisa mempermudah pekerjaan Anda selama di sawah. Anda pun tidak perlu keluar biaya yang besar karena kerusakan yang disebabkan oleh kesalahan tidak merawat traktor dengan baik.

Belum ada Komentar untuk "7 Cara Merawat Traktor Agar Awet dan Tahan Lama"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel