Kenali 5 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin

Kenali-5-Penyebab-AC-Mobil-Tidak-Dingin

Banyak faktor yang menyebabkan AC mobil tidak dingin, salah satunya karena permasalahan teknis. Adanya kerusakan ini tentu saja menjadi alarm bagi Anda untuk segera melakukan perbaikan di bengkel. Perihal biaya perbaikan AC ini tergantung dengan tingkat kerusakannya. Apabila AC mobil Anda benar-benar rusak, tentu biaya perbaikannya bisa mencapai jutaan rupiah. 

Penyebab AC Mobil Tidak Dingin 

Penyebab AC mobil tidak terasa dingin biasanya dikarenakan terdapat komponen yang mengalami kerusakan. Memang ada beberapa bagian yang harus diperhatikan untuk menjaga kesehatan AC mobil agar dapat bekerja seperti biasanya. Kerusakan yang terjadi pada AC mobil hanya dapat diketahui oleh orang-orang yang mengerti pada bidangnya. Namun, tidak ada salahnya apabila Anda mengetahui penyebab AC mobil di bawah ini. 

1. Freon Habis 

Freon merupakan media pendingin pada AC mobil. Jadi ketika freon ini berkurang atau habis, maka akan membuat AC mobil tidak terasa dingin. Akan tetapi pada dasarnya freon ini tidak bisa habis melainkan ada penyebabnya. Misalnya saja ada kebocoran sehingga membuat freon ini habis. Namun, ketika AC mobil tidak terasa dingin sebaiknya jangan langsung mengisi freon, carilah terlebih dahulu kebocoran yang menyebabkan freon habis. 

2. Radiator dan Kondensor Kotor 

Sering sekali terjadi AC mobil mendadak tidak dingin dikarenakan radiator dan kondensor yang kotor. Biasanya penyebab komponen ini kotor adalah debu yang sudah terlalu tebal. Masalah ini harus segera Anda atasi, karena peran kondensor sangatlah penting dalam membuang panas dari freon. Apabila kondensor mobil Anda tidak segera dibersihkan, hal ini akan menurunkan kinerja AC itu sendiri. 

3. Motor Kipas Pendingin Mati 

Hawa panas yang terbuang melalui kondensor dibantu dengan bantuan kipas pendingin. Apabila kipas pendingin ini sudah lemah atau mati, tentu AC mobil tidak dingin atau tidak mengeluarkan dingin yang sempurna. Untuk mengatasinya, Anda perlu membeli kipas pendingin yang baru. Pemasangannya juga cukup mudah, jadi Anda tidak perlu membawanya ke bengkel, cukup memasangnya secara mandiri. 

4. Kondisi Kompresor Sudah Aus 

Apabila kondisi kompresor Anda sudah aus, maka menyebabkan freon menjadi tidak normal dan AC tidak dingin. Tanda-tanda hal ini terjadi ialah akan terdengar bunyi kasar pada bagian sight glass yang menghitam. Bukan hanya itu saja, kompresor yang aus juga dapat menyebabkan tersumbatnya bagian dryer filter dan expansi valve. Dengan demikian, lakukan pengecekan secara rutin pada kompresor mobil Anda saat melakukan servis mobil. 

5. Kerusakan Magnetic Clutch 

Fungsi dari komponen magnetic clutch ialah memutus dan menghubungkan kompresor dengan sistem penggeraknya. Apabila komponen ini bermasalah sudah tentu terjadi kerusakan pada AC, yaitu tidak mengeluarkan dingin secara sempurna. Untuk memperbaikinya, Anda dapat membeli komponen baru dan menggantinya di bengkel. Kalau Anda bisa memperbaikinya sendiri, lebih baik perbaiki secara mandiri saja. 

Demikianlah beberapa penyebab AC mobil tidak dingin. Untuk menghindari kerusakan AC mobil seperti ini cobalah melakukan service AC mobil secara rutin. Menurut pepatah lebih baik mencegah daripada mengobati, begitupun dengan pencegahan kerusakan AC mobil ini. Di atas sempat disinggung bahwa perbaikan AC mobil memakan harga hingga jutaan rupiah. 

Untuk rekomendasi service AC mobil yang bagus, Anda dapat mengunjungi beberapa video di Youtube. Di sana terdapat referensi bengkel yang dapat membantu perawatan AC mobil Anda. Ingat, perawatan AC mobil itu penting dilakukan ya! Upayakan lakukan minimal satu bulan sekali agar tidak terjadi kerusakan yang terlalu parah. 

Agar lebih memahami tentang AC mobil ini, Anda bisa menyimak video di bawah ini. 

Belum ada Komentar untuk "Kenali 5 Penyebab AC Mobil Tidak Dingin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel