Cobain 5 Minuman Tradisional Khas Makassar, Dijamin Bikin Nagih!

Cobain-5-Minuman-Tradisional-Khas-Makassar-Dijamin-Bikin-Nagih

Makassar merupakan kota yang menjadi pusat perekonomian di Sulawesi Selatan. Maka dari itu, ketika kamu berkunjung ke kota ini pasti menemukan banyak sekali aneka makanan serta minuman segar. Bahkan kamu akan menemukan resep minuman segar tradisional yang hingga saat ini masih diperjual-belikan. Rasanya kurang lengkap juga jika kamu tidak mencoba minuman tradisional khas Makassar tersebut. 

Minuman Tradisional Khas Makassar 

Apa yang kamu ingat ketika mendengar kota Makassar? Pemandangannya, tempat wisatanya, atau justru makanan serta minuman khas Makassar? Untuk saat ini, kita akan mencoba membahas tentang minuman khas tradisional Makassar yang terbuat dari bahan alami yang menyegarkan. Tidak hanya memberi kesegaran bagi tubuh, minuman tradisional tersebut memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh. Nah, apa saja minuman tradisional itu, yuk simak uraian di bawah ini. 

1. Sarabba 


Minuman tradisional yang satu ini cocok dinikmati saat malam-malam sambil menikmati suasana malam yang dingin di kota Makassar. Minuman hangat ini terbuat dari bahan alami kayu manis, biji pala bubuk, gula jawa, santan, dan kuning telur ayam kampung. Semua bahan ini diracik untuk mengembalikan energi kamu yang hilang. Minuman ini sangat cocok untuk kamu yang sedang menderita flu, karena dapat menyembuhkannya dengan cepat. 
Sirup Pisang Ambon 

Minuman ini memang memiliki rasa pisang ambon, namun sirup ini berwarna kemerahan. Di Makassar sirup ini memiliki nama lain yang disebut dengan sebutan sirup DHT. Sirup ini cocok dinikmati di tengah teriknya matahari untuk melepas dahaga serta menyegarkan badan. Rasa dari sirup ini tentu manis karena ditambah dengan gula pasir atau gula merah. Kamu juga bisa mengkreasikannya dengan menambahkan topping seperti agar-agar. 

2. Sirup Markisa 


Markisa tumbuh subur di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan. Bahkan buah ini menjadi komoditas utama bagi masyarakat di sana. Hal ini menyebabkan sebagian besar masyarakat Gowa mengolah markisa untuk dibuat sirup serta menjadi minuman khas daerah sana. Ketika kamu berlibur ke Kabupaten Gowa pun pasti akan menemukan resep minuman segar berbahan dasar markisa. Membuat sirup markisa bisa dikatakan tidak mudah, karena memerlukan waktu untuk pasteurisasi agar bisa tahan lama tanpa bahan pengawet. 

3. Es Palu Butung 


Es palu butung bisa kamu dapatkan dengan mudah di sepanjang jalan kota Makassar. Es palu butung terbuat dari campuran bubur tepung beras, pisang raja, sirup, dan es. Minuman ini tidak hanya melepas dahaga di siang hari, tapi juga mengenyangkan perut kamu karena porsinya sangat banyak. Untuk satu mangkuk es palu butung bisa kamu beli dengan harga Rp. 10 ribu. 

4. Es Pisang Ijo 


Kulineran yang satu ini sudah terkenal di mana-mana, bahkan sampai ke pulau Jawa. Untuk sekarang ini kamu juga bisa mendapatkan es pisang ijo versi instan saking banyak sekali peminatnya. Pisang pada minuman ini dibalut dengan adonan tepung beras yang berwarna hijau. Harga es pisang ijo sendiri bervariasi, mulai dari Rp. 7 ribu – Rp. 10.ribu. Dijamin bakalan kenyang deh kalau kamu makan es pisang ijo. 

Demikianlah beberapa minuman tradisional khas Makassar yang terbuat dari bahan alami. Minuman-minuman di atas akan terasa lebih nikmat jika kamu memakannya dalam keadaan dingin dengan ditambah es. Jika kamu ingin mencoba mengkreasikan resep minuman segar di atas sangat mungkin dan mudah sekali. Karena bahan-bahannya dapat dengan mudah kamu dapatkan di Supermarket dan pasar tradisional.

Belum ada Komentar untuk "Cobain 5 Minuman Tradisional Khas Makassar, Dijamin Bikin Nagih!"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel