5 Cara Mengatasi Ketombe yang Terbukti Ampuh

5-Cara-Mengatasi-Ketombe-yang-Terbukti-Ampuh

Munculnya ketombe pada kulit kepala menyebabkan kepercayaan diri menurun dan tentunya kenyamanan Anda terganggu. Ketombe yang semakin parah sebaiknya segera Anda atasi demi menjaga kesehatan kulit kepala. Cara mengatasi dan menghilangkan ketombe dengan cepat dapat Anda lakukan dengan menggunakan shampo yang sesuai, vitamin rambut, serta perawatan rambut yang tepat. 

Cara Mengatasi Ketombe 

Ketombe yang muncul pada kulit kepala Anda merupakan sel kulit mati. Sel kulit mati ini pun kemudian akan terlihat berwarna putih di sela-sela rambut Anda. Beberapa hal yang sangat mungkin bisa meningkatkan risiko ketombe pada kulit kepala, di antaranya kebersihan rambut yang tidak terjaga, kulit kering, dan penggunaan produk yang tidak tepat. Munculnya ketombe pada kulit kepala akan membuat Anda merasa gatal tidak karuan. Oleh sebab itu, segera atasi ketombe tersebut dengan cara-cara di bawah ini. 

1. Cuci Rambut Secara Rutin 

Cara mengatasi ketombe yang paling mudah salah satunya ialah dengan mencuci rambut Anda secara rutin. Dengan mencuci rambut, sel kulit mati dan kotoran lainnya yang menempel pada kulit kepala dapat terangkat. Akan tetapi, hindari juga mencuci rambut terlalu sering, karena akan menghilangkan kandungan minyak alami pada rambut Anda. Akibatnya, ketombe akan tumbuh semakin parah karena kulit kepala Anda mengalami kekeringan. 

2. Gunakan Shampo Anti Ketombe 

Shampo anti ketombe yang tersebar di pasaran mengandung zinc pyrithione, ketoconazole, asam salisilat, dan selenium sulfida. Dengan berbagai kandungan tersebut, shampo anti ketombe dapat membantu Anda meredakan gejala-gejala gatal dan iritasi. Ketika Anda berencana mencari shampo untuk menghilangkan ketombe, maka carilah shampo yang mengandung zat-zat yang telah disebutkan. 

3. Manfaatkan Tea Tree Oil 

Tea tree oil bermanfaat juga dalam meredakan gejala-gejala gatal pada kulit kepala yang disebabkan ketombe. Selain itu, kandungan zat yang terdapat dalam tea tree oil mampu mengurangi pertumbuhan jamur penyebab ketombe. Cara mengaplikasikan tea tree oil ialah dengan mencampurkannya dengan shampo yang biasa Anda gunakan. Cara menghilangkan ketombe dengan cepat lainnya bisa dengan mencampurkan tea tree oil dengan lidah buaya, kemudian dioleskan pada kulit kepala dan lakukan pijatan ringan. 

4. Oleskan Minyak Kelapa 

Bahan alami yang satu ini dipercaya dapat mengatasi ketombe yang mengganggu kenyamanan Anda. Cara mengaplikasikannya pun simpel, cukup dengan mengoleskan minyak kelapa pada kulit kepala dan diamkan beberapa menit untuk memastikan minyak terserap. Setelah itu, cuci rambut Anda menggunakan shampo yang biasa digunakan hingga benar-benar bersih. Kandungan pada minyak kelapa sendiri dipercaya dapat membuat kulit kepala Anda menjadi lebih lembab. 

5. Minyak Zaitun 

Khasiat minyak zaitun hampir sama dengan minyak kelapa, yakni dapat membuat kulit kepala Anda menjadi lebih lembab. Oleh sebab itulah ketombe yang muncul pada sela-sela rambut Anda dapat diatasi dengan minyak zaitun. Minyak zaitun sendiri sudah dipercaya sejak puluhan tahun mampu mengatasi berbagai keluhan kecantikan, mulai dari obat jerawat, mengatasi ketombe, dan mengatasi kulit kering pada bagian tubuh lainnya. 

Demikianlah beberapa cara menghilangkan ketombe dengan cepat yang dapat Anda praktekkan di rumah. Cara-cara di atas sudah terbukti ampuh mampu mengatasi keluhan gatal akibat ketombe. Apabila rasa gatal dan ketombe Anda semakin bertambah parah, sebaiknya konsultasikan dengan dokter apa yang harus dilakukan agar kembali normal. Pada intinya jangan biarkan ketombe terus tumbuh pada kulit kepala Anda karena dampaknya akan semakin buruk.

Belum ada Komentar untuk "5 Cara Mengatasi Ketombe yang Terbukti Ampuh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel