Cara Mengobati Dislokasi Bahu

Cara-Mengobati-Dislokasi-Bahu
teachmesurgery.com
Sebelum mengetahui cara mengobati dislokasi bahu anda harus memahami seperti apa penyakit tersebut. Dislokasi sendi bahu adalah kasus di mana kenop tulang lengan atas terlepas dari sendi bahu. Sendi bahu adalah sendi yang paling mudah untuk dislokasi karena dapat bergerak ke segala arah dan rongga pada sendi ini dangkal. 

Meskipun dapat dilepaskan ke belakang atau ke bawah, tulang lengan atas lebih sering dislokasi ke depan (dislokasi bahu depan). Ini biasanya terjadi ketika seseorang melempar sesuatu atau memegang tubuh mereka ketika jatuh. 

Dislokasi sendi bahu ini dapat menyebabkan rasa sakit yang hebat dan membutuhkan perawatan yang cepat dan tepat. Dislokasi sendi bahu akan menunjukkan tanda-tanda berupa perubahan bahu. Bahu, yang biasanya terlihat bundar, terlihat lebih persegi dan memiliki tonjolan di dekat bahu. Selain itu, posisi lengan salah dan pundaknya merah serta bengkak. 

Orang dengan bahu terkilir mengalami rasa sakit dan kesulitan menggerakkan lengan mereka. Otot-otot di sekitar bahu juga tegang atau mati rasa mulai dari leher hingga jari. Jika Anda mengalami gejala-gejala ini, segera hubungi dokter Anda. Di bawah ini adalah langkah pertolongan pertama yang dapat Anda lakukan. 

Kompres Bahu Menggunakan Es Batu 

Hal pertama yang harus dilakukan untuk cara mengobati dislokasi bahu adalah mengompres bahu. Pada orang yang mengalami dislokasi, suhu dingin sangat membantu dalam mengurangi perasaan dan rasa sakit yang abnormal. Selain mengurangi rasa sakit, suhu rendah di es dapat membantu mengurangi pembengkakan di area bahu yang terluka. 

Dislokasi bahu disebabkan oleh cedera bahu yang disebabkan oleh olahraga. Jenis-jenis olahraga yang sering menyebabkan dislokasi bahu adalah sepak bola, bola voli dan senam. Mungkin juga disebabkan oleh kecelakaan lalu lintas. Contohnya adalah kecelakaan sepeda motor, yang dapat menyebabkan guncangan parah pada bahu. Selain itu, jatuh dapat menyebabkan dislokasi bahu. Ketika terjatuh, tangan memantul untuk memegang tubuh. Ini dapat menyebabkan dislokasi sendi bahu. 

Di bagian bahu yang berpindah, beberapa pembuluh darah pecah dan menyebabkan plasma menembus jaringan di sekitarnya, yang kemudian menyebabkan pembengkakan. Kompres dingin dapat mengurangi pembuluh darah yang pecah dan mengurangi kebocoran. 

Hindari Tarikan Paksa 

Ingatlah untuk tidak pernah menarik lengan dengan paksaan. Karena cara mengobati dislokasi bahu dengan tarikan secara paksa alih-alih kembali ke posisi semula, itu akan menyebabkan patah tulang. Jika ini terjadi, orang yang mengalami dislokasi akan merasa lebih sakit, dan bantuan medis yang bisa lebih sederhana akan menjadi lebih rumit. Jika umbi pecah, pembedahan mungkin diperlukan kemudian untuk menghilangkan fraktur dari tulang yang patah. 

Selanjutnya, pertahankan posisi tangan Anda agar tidak banyak berubah sampai bantuan medis tiba. Penting untuk diingat bahwa tidak ada cedera tambahan, seperti cedera ligamen. Jika sulit mempertahankan posisi lengan, paling tidak perhatikan rentang gerakan lengan. 

Lakukan Penanganan Sesegera Mungkin 

Penanganan cara mengobati dislokasi bahu sebenarnya tidaklah rumit ataupun lama. Prosedurnya dapat selesai sekitar 10-15 menit. Namun, ketepatan serta kecepatan penanganan harus menjadi prioritas. 

Biasanya, dokter akan perlahan-lahan mengembalikan tulang bahu ke posisi semula. Perawatan ini juga memperhitungkan seberapa banyak rasa sakit yang Anda rasakan. Jika pembengkakan dan rasa sakit cukup kuat, obat penenang atau anestesi dapat digunakan. Proses ini akan dilakukan dengan berbagai teknik, seperti fleksi ke depan hipofisis, rotasi eksternal, teknik stimulasi dan teknik reduksi cepat. 

Jangan pernah meremehkan pergeseran bahu yang sedang anda alami. Kondisi ini bukan keseleo atau memar yang normal. Jika perawatan terlambat atau proses rehabilitasi tidak tepat, ini bisa menjadi lebih rumit dan memakan waktu lebih lama. 

Sumber: hellosehat.com

Belum ada Komentar untuk "Cara Mengobati Dislokasi Bahu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel