Ikuti 5 Cara Mudah Merawat Bayi Baru Lahir Ini

Ikuti-5-Cara-Mudah-Merawat-Bayi-Baru-Lahir-Ini
Foto dari Canva Photos Unlimited
Memiliki bayi yang baru lahir menjadi tantangan tersendiri, khususnya bagi Anda yang baru pertama kali memiliki buah hati. Bayi membutuhkan perawatan khusus karena kondisi tubuhnya yang masih rentan terhadap benda-benda asing. Jika Anda tidak berhati-hati dalam merawatnya, bayi bisa saja mengalami hal-hal yang tidak diinginkan. Oleh karena itu, perawatan bayi harus dilakukan sebaik mungkin. 

Merawat Bayi Baru Lahir 

Jika masih bingung bagaimana cara merawat bayi yang tepat, ikuti tipsnya di bawah ini. 

1. Disususukan setiap dua jam 

Saat baru lahir, bayi memiliki lambung sebesar buah leci, sehingga Anda harus menjaganya agar tidak kelaparan. Sebaiknya Anda menyusuinya setiap dua jam sekali dan tidak perlu menunggu si kecil terbangun. Namun, bayi Anda akan memberi tanda saat merasa lapar, yaitu dengan menangis sangat kuas sambil mengisap ibu jarinya. 

2. Memposisikan Bayi dengan benar setelah disusui 

Bayi yang baru lahir belum memiliki fungsi lambung yang sempurna. Akibatnya, bayi sering mengalami gumoh atau muntah sesaat setelah disusui. Oleh karena itu, Anda bisa memposisikan bayi dalam keadaan tegak setelah disusui, dan biarkan Ia bersendawa. 

3. Dibiarkan tidur selama 16-18 jam per hari 

Bayi yang baru lahir memerlukan jam tidur yang lebih lama. Oleh karena itu, pastikan kebutuhan tidur bayi tercukupi, yaitu selama 16 sampai 18 jam per harinya. Perawatan bayi yang satu ini wajib dilakukan agar tumbuh kembangnya maksimal. 

4. Menggunakan sabun dan sampo khusus bayi 

Kulit bayi masih sangat sensitif untuk bersentuhan langsung dengan benda asing, terutama media pembersih seperti sabun dan sampo. Saat ini tersedia berbagai merk sabun dan sampo khusus new born yang ramah di kulit. 

5. Memperhatikan warna feses bayi 

Warna feses bayi yang baru lahir berbeda dengan warna feses bayi yang sudah mulai mengonsumsi makanan pendamping ASI. Warna feses bayi umumnya berwarna hitam dan coklat dengan tekstur kental. Namun, waspadai jika feses tiba-tiba berwarna kuning dan hijau dengan tekstur yang cair. Bawa ke dokter jika bayi Anda mengalami hal tersebut. 

Demikian lima tips merawat bayi yang baru lahir yang harus Anda ketahui. Perawatan bayi lainnya yang bisa Anda lakukan, yaitu dengan pergi melakukan perawatan ke home care khusus ibu dan bayi. Disana, bayi Anda akan mendapatkan perawatan khusus seperti spa dan pijat yang dilakukan oleh bidan profesional.

Belum ada Komentar untuk "Ikuti 5 Cara Mudah Merawat Bayi Baru Lahir Ini"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel