Waspada! Berikut Komponen Yang Rawan Rusak Jika Motor Sering Kehujanan



Kondisi hujan bukanlah suatu alasan untuk tidak melakukan berbagai aktivitas di luar ruangan. Meski demikian, penggunaan motor ketika hujan juga harus berhati-hati. Hal ini dikarenakan air hujan banyak mengandung garam yang bisa menyebabkan kendaraan bermasalah. Oleh karena itu, mari kenali beberapa komponen yang rawan jika motor sering kehujanan.
 

Komponen Motor Yang Harus Diperhatikan

1. Mesin

Mesin adalah komponen utama yang sangat dibutuhkan agar motor bisa bekerja dengan optimal. Kehadiran air hujan yang membawa lumpur maupun kotoran terkadang bisa menempel pada mesin ini. akibatnya, performa motor menjadi tidak optimal karena kondisi mesin yang sulit melepaskan panas. Bahkan, kendaraan juga bisa menjadi overhead jika lumpur menempel pada radiator.
 

2. Kampas Rem

Begitu pula, komponen yang satu ini juga harus selalu diperhatikan. Kondisi air hujan yang mengandung kotoran tentunya bisa menumpuk pada kampas rem. Akibatnya, kondisi ini bisa membuat motor anda berdecit ketika kendaraan berjalan karena kotoran tersebut bergesekan dengan piringan cakram. Tentunya, gesekan yang terjadi juga bisa memicu piringan cakram anda cepat rusak.
 
Kondisi motor sering kehujanan yang sudah menimbulkan suara berdecit tadi juga bisa mempengaruhi kondisi suspense pada kendaraan anda. Dalam hal ini, air akan naik turun pada suspense dan melarutkan pelumas. Bahkan, kondisi ini juga bisa menyebabkan suspensi pada motor anda kering dan tidak berfungsi optimal.
 

3. Tutup Busi

Selain itu, tutup busi juga sangat membantu kendaraan untuk menghindari kebocoran arus. Kondisi air hujan yang sering membasahi kendaraan anda dapat menyebabkan komponen yang satu ini rusak. Bahkan, kerusakan tutup busi juga bisa menyebabkan kebocoran sambungan kelistrikan. Akibatnya, hal ini dapat menyebabkan kendaraan anda mogok karena terhambatnya sistem pengapian.
 
Itulah beberapa komponen yang harus diperhatikan saat anda beraktivitas di luar ruangan ketika musim hujan. Kotoran yang dibawa oleh air hujan tersebut sebaiknya harus segera dibersihkan agar dapat mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan. Tentunya, anda bisa mencuci motor atau sekedar menyiram dengan air bersih agar sistem kerja motor tetap berjalan optimal.

Belum ada Komentar untuk "Waspada! Berikut Komponen Yang Rawan Rusak Jika Motor Sering Kehujanan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel